Boerhaavia Diffusa

Boerhaavia Diffusa

Boerhaavia Diffusa

Suku: Nyctaginaceae

Deskripsi: Apa itu Boerhaavia difussa? Ia adalah rumput hijau yang menjalar, dapat mencapai panjang 1 meter atau lebih, dengan cabang-cabang. Akarnya kuat dan berkayu. Daunnya tebal, berdaging, dan berambut. Bentuk daunnya bervariasi, bulat atau oval. Permukaan bawah berambut dan permukaan atas licin.

Kandungan Kimia: Boerhaavia diffusa mengandung banyak senyawa, seperti flavonoid, alkaloid, steroid, triterpenoid, lipid, lignin, karbohidrat, protein, dan glikoprotein.

Bagian yang digunakan: Herba (seluruh bagian tanaman).

Khasiat: Daunnya digunakan untuk mengobati dyspepsia, tumor, nyeri perut, dan pembengkakan pancreas. Bijinya merupakan ekspektoran, karmonatif, berguna dalam pengobatan gonorrhea, seluruh peradangan internal dan edama. Akar berperan sebagai diuretika, berperan dalam pengobatan seluruh kelainan hati (termasuk jaundice dan hepatitis), nyeri kandung kemih dan batu disaluran kemih, kelainan saluran kemih, batu ginjal, cystitis, dan nephritis.

Cara pemakaian: Untuk obat luar cuci daun, giling sampai lumat atau minyak hasil ekstrak (rebusan) buah. Bubuhkan pada bagian yang sakit.

Related posts:

loading...