Tanaman Obat Bawang Putih

toko herbal online

Bawang putih

Deskripsi tanaman/simplisia

Bentuk berupa umbi lapis, warna putih atau putih keungunan, bau khas, rasa agak pahit. Umbi berlapis majemuk berbentuk berbentuk hampir bundar, garis tengah 4-6 cm, terdiri dari 8-20 siung seluruhnya diliputi 3-5 selaput tipis serupa kertas berwarna putih, tiap suing diselubungi 2 selaput serupa kertas, selaput luar warna agak putih dan agak longgar. Bau khas aromatic tajam, rasa agak pedas lama kelamaan menimbulkan rasa agak tebal dibibir, warna kekuningan. Merupakan tanaman perennial tinggi 25-70 cm, memiliki batang yang lurus kaku atau sedikit membengkok. Daun memiliki permukaan yang datar dan lebar dari 4-25 mm.

Data manfaat 

Uji Praklinik: Pada cell line binatang dan manusia, terlihat penurunan jaringan lemak vaskuler, pembentukan fatty streak, dan ukuran plak aterosklerotik.

Uji Klinik: Mekanisme aktivitas antikolesterolemia dan antihiperlipidemia menunjukkan terlibatnya penghambatan hepatichydroxy-methylglutaryl-CoA (HMGCoA) reductase dan penyusunan kembali plasma lipoprotein dan membran sel. Minyak bawang putih 0.25 mg/kgBB (15 g minyak setara 30 g umbi untuk BB 61 kg) menurunkan kadar kolesterol 18% setelah penggunaan 8 bulan (dari rata-rata 298 ke 244 mg/dl). Pemberian umbi 10 g setelah makan pagi selama 2 bulan menurunkan kadar kolesterol 15% (pada pasien dengan kolesterol 160-250 mg/dl). Pada 50 pasien dengan rata-rata kadar kolesterol 213 mg/dl penurunan kadar kolesterol total 16%. Pada uji klinik lain, 7.2 g setiap hari selama 6 bulan pada 41 hiperkolesterolemia sedang (kolesterol darah 220-290 mg/dl) dibanding placebo menunjukkan penurunan kolesterol total 6.1%, kadar LDL menurun 4%. Bawang putih segar, sari bawang putih, ekstrak bawang putih, atau minyak atsiri semuanya dapat menurunkan kolesterol dan lemak plasma, metabolisme lemak dan aterogenesis secara in-vitro dan in-vivo. Alliin dalam pengobatan berkhasiat sebagai anti bakteri, anti mikotik, antioksidan yang telah dibuktikan dengan baik melalui penelitian. Penghambatan penggumpalan trombosit, yang ditingkatkan pada waktu pendarahan dan pembekuan darah serta peningkatan aktivitas fibrinolitik telah diuji secara klinik. Evaluasi sistematik terhadap potensi menurunkan lipid terhadap 8 studi dari 500 subyek yang mendapat serbuk bawang putih 600-900 mendapatkan hasil penurunan kadar serum kolesterol dan trigliserida sebesar 5-20%, dan disimpulkan bahwa serbuk bawang putih berpotensi untuk menurunkan kadar lipid darah. Uju Klinik menunjukkan penghambatan penggumpalan trombosit, yang dilihat dengan peningkatan waktu pendarahan dan pembekuan darah serta peningkatan aktivitas fibrinolitik.

Mekanisme Kerja: aktivitas antikolesterolemia dan antihiperlipidemia diduga karena kandungan diallyl disulfide dan trisulfide yang menghambat hepatic-hydroxy-methylglutaryl-CoA(HMG-CoA) reductase dan juga peningkatan ekskresi garam empedu ke dalam feses dan mobilisasi lemak jaringan ke dalam sirkulasi.

Related posts:

loading...