Tanaman Obat Kayu Manis

Tanaman Obat Kayu Manis

Kayu manis

Deskripsi tanaman/simplisia

Pohon tahunan tinggi 10-15 m, berkayu, tegak, bercabang, berwarna hijau kecoklatan. Daun tunggal, lanset, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 4-14 cm, lebar 1-6 cm. warna pucuknya kemerahan sedangkan daun tuanya hijau tua. Bunganya berkelamin dua atau bunga sempurna dengan warna kuning, ukurannya kecil. Buahnya adalah buah buni, berbiji satu dan berdaging. Bentuknya bulat memanjang, buah muda berwarna hijau tua dan buah tua berwarna ungu tua. Kulit batang berbau khas dan disebut Cassia Sumatra.

Data manfaat

Uji Praklinik: Ekstra kulit kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa pada uji toleransi glukosa. Efek hipoglikemik diduga melalui peningkatan sekresi insuli. Senyawa sinamitanin B1 yang diisolasi dari kulit kayu manis memperlihatkan efek antihiperglikemik pada sel 3T3-L1. Kombinasi sinamitanin B1 dan insulin dapat meningkatkan ambilan glukosa. Ekstrak methanol daun kayu manis pada dosis 100, 150 dan 200 mg/kgBB secara nyata dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi dengan aloksan. Minyak esensial mempunyai efek karminatif, menurunkan kontraksi otot polos trakea dan ileum marmut, juga kolon, ileum dan lambung anjing. Aktivitas antispasmodic adalah kandungan sinamaldehid.

Mekanisme kerja: Kandungan hydroksikalkon berfungsi seperti insulin pada sel adipose 3T3-L1. Sinamalolehid merupakan penghambat kuat terhadap aldose reduktase, enzim metabolism KH yang merubah glukosa menjadi bentuk alkoholnya, sorbitol, menggunakan NADPH sebagai reduktor. Ekstrak air menurunkan secara bermakna absorbs alanine, suatu asam amino yang penting untuk glukoneogenesis dari intestine tikus. Studi invitro menggunakan membran sel adiposity maupun invivo pada binatang menunjukkan efek sensitasi insulin.

Uji Klinik: Pemberian kayu manis 1,3 atau 6 g/hari setiap hari selama 40 hari menurunkan kadar glukosa puasa 18-29%. Uji klinik pada 60 pasien DM mendapat placeo atau kayu manis dosis (1 g, 3g, or 6 g)/hari selama 40 hari. Pada kelompok kayu manis 1 g, gula darah puasa turun 2.9 mmol/L, pada kelompok 3 g/hari menurun 2.0 mmol/L, dan pada kelompok 6 g/day menurun 3.8 mmol/L.

Demikian sekilas tentang tanaman obat kayu manis.

Related posts:

loading...